Minggu, 14 Oktober 2012

Jenis-Jenis Pesawat Telepon













gambar: pesawat telephone


1. Pesawat Telepon Local Batere (LB)
    Adalah pesawat telepon yang catuan listriknya dari batere yang terpasang pada pesawat telepon itu sendiri (secara local). Batere yang digunakan adalah batere kering. Oleh sebab itu kondisi batere sangat  menentukan mutu pembicaraan. 
    Untuk itu pemeliharaan dan pengukuran tegangan dan arus batere harus sering dilaksanakan. Dan pesawat telepon LB ini digunakan pada sentral telepon manual LB, yang untuk memanggilnya digunakan sistem generator tangan.
Contoh : Telepon Open Wire


2. Pesawat Telepon Sentral Batere (CB)
    Adalah pesawat telepon yang sistem catuan listriknya arus DC yang terdapat di Sentral Telepon. Batere yang digunakan bisa batere basah (lead acid) yang setiap saat dapat dilakukan sistem Charge dan Discharger (proses pengisian dan pengosongan batere). Misalnya  Pesawat telepon type DLG – 12515 buatan Ericson
    Untuk mengadakan panggilan ke operator, dilakukan hanya dengan  mengangkat handset sehingga sinyal panggil yang berupa lampu sentral menyala.


3. Pesawat Telepon Otomat dengan Roda Pilih (Rotary Dial)
     Adalah pesawat telepon yang digunakan pada sentral telepon otomat dimana sistem catuan listriknya diberIkan dari sentral. Untuk mengadakan panggilan digunakan roda pilih (rotary dial) yang dapat menghasilkan pulsa-pulsa sesuai dengan digit atau angka yang diputar.
    Sistem kerja dari roda pilih adalah untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik, sehingga arus listrik tersebut dapat berbentuk pulsa-pulsa sesuai kode digit yang dikehendaki. Karena untuk membentuk digit (nomer telepon) dengan cara memutus dan menyambung arus listrik.
    Pesawat telepon jenis ini punya kelemahan, yaitu walaupun pesawat telepon tersebut dikunci dengan maksud agar tidak digunakan hubungan, namun hanya dengan meng on-off kan kontak kait maka pengiriman digit-digit tetap dapat dilaksanakan sehingga kunci telepon tidak menjamin pesawat telepon tersebut tidak dapat digunakan hubungan. Contohnya pesaw`t telepon tipe H-63 dan Tipe H-70 buatan Siemens Jerman dan buatan PT. INTI.

4.  Pesawat Telepon Tombol Tekan  (Push Button)
    Adalah pesawat telepon yang digunakan pada sentral telepon otomat dimana sistem catuan listriknya diberikan dari sentral.
    Untuk mengadakan panggilan digunakan tombol tekan yang dapat menghasilkan frekuensi sesuai dengan angka/digit yang ditekan. Mengingat didalam mengadakan panggilan digunakan tombol tekan  untuk membentuk digit-digit (nomor telepon) dengan menggunakan multi frekuensi yang dikirimkannya ke Sentral Telepon untuk selanjutnya digit-digit tersebut akan diproses oleh Sentral yang bersangkutan.
     Pesawat telepon ini mempunyai kelemahan yaitu walaupun pesawat telepon tersebut dikunci, maka dengan alat Quick Dialing yang banyak dijual dipasaran, maka pesawat telepon tersebut masih tetap dapat digunakan untuk menjalin hubungan. Contoh : Pesawat telepon Tipe SSB2912 AFAT Buatan BTM atau Co Belgia, Pesawat telepon buatan Siemen Jerman dan Buatan PT. INTI.

         
5. Pesawat  Telepon  Wireless
    Adalah sejenis pesawat telepon tipe push button, dimana antara Handset-nya dengan tombol Push Button-nya  tidak dihubungkan dengan kabel, melainkan dengan menggunakan udara sebagai media untuk menghantarkan frekuensi pembicaraannya.
    Jarak udara antara Handset dengan peralatan push button-nya sangat terbatas maksimal 250 meter, hal ini dikarenakan frekuensi yang digunakan adalah frekuensi yang lemah.
    Pesawat jenis ini biasanya dilengkapi dengan memori sebagai proses redial (pengulangan panggilan/pengiriman digit-digit pulsa) untuk memudahkan si pemakai dalam mengadakan hubungan ke sentral telepon. Selain itu memori juga dapat digunakan untuk menyimpan nomer-nomer telepon tertentu dengan maksud untuk mempermudah sistem operasionalnya.
    Memori juga dapat difungsikan untuk menyimpan pesan yang diterima dari lawan bicaranya, jika yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat.

6.  Pesawat Telepon Genggam (Hand Phone)
    Adalah sejenis perangkat terminal telepon yang kompak dan komplit, artinya antara perangkat Ear Phone, Microphone dan Remote kontrol unitnya serta sistem catudayanya sudah menjadi satu. Selain itu sudah dilengkapi memori yang berisi fasilitas fitur untuk mendukung operasionalnya. Sistem penyambungan ke sentralnya sudah tidak menggunakan kabel, tetapi  menggunakan media udara untuk menyalurkan frekuensi pembicaraannya Bentuk dari pesawat ini sangat kecil dan portable, sehingga mudah dibawa  kemana-mana.

0 komentar:

Poskan Komentar